Kepala Sub Auditorat

Ratna Agustini Kusumaningtias, S.E., Ak.

Subauditorat BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau mempunyai tugas melaksanakan kegiatan administrasi SDM, administrasi keuangan, dan ketatausahaan pada lingkup Subauditorat BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

  1. Merumuskan rencana kegiatan;
  2. Mengusulkan tim pemeriksa;
  3. Melakukan pemerolehan keyakinan mutu hasil pemeriksaan;
  4. Mengompilasi hasil pemantauan penyelesaian kerugian negara;
  5. Menyusun bahan penjelasan kepada pemerintah daerah dan DPRD tentang hasil pemeriksaan;
  6. Mengevaluasi kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh pemeriksa BPK, pemeriksa yang bekerja untuk dan atas nama BPK, dan akuntan publik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. Mengompilasi dan mengevaluasi hasil pemeriksaan dalam rangka penyusunan sumbangan IHPS, baik yang pemeriksaannya dilaksanakan oleh pemeriksa BPK maupun oleh pemeriksa yang bekerja untuk dan atas nama BPK;
  8. Melakukan pembahasan tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan aparat pengawasan internal pada entitas terperiksa;
  9. Memantau pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  10. Menyiapkan bahan perumusan pendapat BPK yang akan disampaikan kepada pemangku kepentingan yang diperlukan karena sifat pekerjaannya;
  11. Melakukan pemutakhiran data pada aplikasi SMP dan DEP; dan
  12. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

Lingkup tugas Subauditorat BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau meliputi:

  1. Provinsi Kepulauan Riau;
  2. Kota Batam;
  3. Kota Tanjungpinang;
  4. Kabupaten Bintan;
  5. Kabupaten Karimun;
  6. Kabupaten Lingga;
  7. Kabupaten Kepulauan Anambas;
  8. Kabupaten Natuna.

Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau saat ini dijabat oleh Ratna Agustini Kusumaningtias, S.E., Ak.  Dilahirkan di Banjarbaru pada 23 Agustus 1971, Ratna Agustini Kusumaningtias menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi di Universitas Lambung Mangkurat pada Tahun 1996.

Memulai karier di BPK pada tahun 1997 sebagai Administrasi Umum pada Kantor Pusat BPK RI di Jakarta. Selanjutnya pernah ditempatkan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur.

Diklat yang pernah diikuti antara lain Diklat Pemeriksa Muda, Peran Ketua Tim Yunior, Peran Ketua Tim Senior, Peran Pengendali Teknis, Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual, Pemeriksaan LKPD Berbasis Akrual, dan Pemeriksaan Kinerja bagi Ketua Tim. Seminar yang pernah diikuti antara lain Seminar Akuntansi, Sosialisasi Peraturan BPK No. 3 Tahun 2007 dan Sosialisasi Peraturan Pengadaan Barang & Jasa di Lingkungan Pemerintah.

Penghargaan yang pernah diperoleh yaitu SATYALANCANA WIRA KARYA pada Tahun 2004, SATYALANCANA KARYA SATYA 10 TAHUN pada Tahun 2008, dan SATYALANCANA KARYA SATYA 20 TAHUN pada Tahun 2017.