BPK Kepri Sudah Tercatat

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan BPS Kota Batam menyelenggarakan Asistensi Pengisian Sensus Penduduk Online pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2020 di Auditorium BPK Provinsi Kepulauan Riau dari pukul 14.00 s.d. pukul 15.30, dengan peserta seluruh PNS, Tenaga Tidak Tetap petugas cleaning services di lingkungan BPK Perwakilan Prov. Kepri.

Dilansir dari situs Badan Pusat Statistik, terdapat dua tujuan utama dilaksanakannya sensus penduduk 2020, yaitu: menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia; dan menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator Sustainable Development Goals (SDGs).

Indonesia telah menggelar 6 (enam) kali sensus penduduk. Pertama kali pada 1961 dan terakhir 2010. Sensus penduduk 2020 menjadi sensus ketujuh dimana sensus kali ini menjadi langkah besar bagi statistik nasional dengan dimulainya sensus secara online yang menjadi salah satu terobosan di tahun 2020.

Sensus penduduk pada tahun 2020 akan dibagi menjadi 2 tahap, yakni secara online yang dilaksanakan mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020, serta sensus penduduk secara offline/wawancara yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2020.

Sebagaimana disampaikan Kepala Subauditorat BPK Kepri, Azhar yang mewakili Kepala Perwakilan BPK Prov. Kepri dalam sambutannya, tujuan dilaksanakannya kegiatan Asistensi Pengisian Sensus Penduduk Online ini adalah agar seluruh insan BPK Kepri dapat berpartisipasi aktif mengikuti sensus penduduk, khususnya sensus penduduk online dengan mengisi data kependudukan melalui laman sensus.bps.go.id. Momen 10 tahun sekali ini jangan sampai terlewatkan.

Irfan Satriadi sebagai Narasumber dari BPS Kota Batam, menjelaskan gambaran umum pelaksanaan sensus penduduk Indonesia, dan mengasistensi peserta dalam setiap tahapan pengisian data kependudukan dalam sensus penduduk online.

Kegiatan berjalan dengan lancar, dan seluruh peserta berpartisipasi aktif. Peran masyarakat dalam sensus ini akan memberikan kontribusi bagi pembangunan mendatang, Pada akhir acara, narasumber dan seluruh peserta bersama-sama menyerukan tagline “Kami BPK Kepri, sudah tercatat”. (dsk)